Perbedaan Haji & Umroh, Singkat Padat Jelas !

Perbedaan Haji & Umroh, Singkat Padat Jelas !

Perbedaan Ibadah Haji & Umroh


Perbedaan Haji Dan Umroh - Sebelum pembahasan mungkin banyak dari Anda yang bertanya "Apa perbedaan antara umroh dan haji, bukankah keduanya memiliki persamaan yakni sama sama dilakukan di Tanah Suci Mekah?"

Ibadah haji dan umroh adalah merupakan ibadah ummat Islam yang dilaksanakan dan ditunaikan di tanah suci Mekkah Almukaramah. Kedua ibadah berikut ini terkadang masih banyak orang yang belum mengetahui dengan jelas perbedaannya dan persamaannya. Dalam artikel ini kami akan mencoba untuk memberikan penjelasan ringkas agar lebih mudah untuk difahami tentang perbedaan antara kedua ibadah ini yakni ibadah haji dan umroh.

Pengertian Ibadah Haji

Ibadah haji adalah merupakan rukun Islam yang ke-lima didalam ajaran Islam, yangmana ibadah tersebut ini adalah hukumnya wajib dilaksanakan dan dikerjakan bagi mereka orang yang mampu dijalannya. Ibadah haji ini hanyalah dapat dilaksanakan satu kali dalam satu tahun yaithu pada tgl 09 Dzulhijjah, yaitu pada saat wuquf di dpadang Arafah, karena ibadah haji adalah pada hakikatnya adalah wuquf di Arafaah. Selain ibadah haji hanya bisa dilakukan sekali dalamsetahun ibadahhaji juga memerlukan dan membutuhkan waktu pelaksanaan yang cukup lebih lama dan juga menggunakan tenaga ekstra yang lebih banyak untuk menjalaninya dan menunaikannya.

Pengertian Ibadah Umrah

Ibadah umroh adalah merupakan ibadah yang hukumnya adalah sunnah atau tidak wajib untuk dilaksanakanan terlepas dari beberapa pendapat ada yang berpendapat bahwa umroh adalh wajib dan juga ada yang berpendapat sunnah, waktu untuk melaksanakan ibadah umroh ini tidaklah terbatas waktunya atau ibadah ini dapat dilakukan disetiap hari kecuali jika waktu pelaksanaan hajji maka hanya ibadah hajji yang bisa berlangsung.

Perbedaan Haji dengan Umroh

Perbedaan Haji & Umroh, Singkat Padat Jelas !

Dari pengertian singkat kedua ibadah yang telah disebutkan diatas dapat disimpulkan perbedaan haji dengan umrah yaitu :
  • Ibadah hajji hanya dapat dilakukan sekali dalam satu tahun, sedangkan ibadah umroh dapat dilakukan dilaksanakan setiap hari dalam setahun kecuali pada hari ibadah hajji.
  • Ibadah hajji waktu pelaksanannya realtif lebih lama karena rangkaian dan ritual ibadah haji lebih banyak dan lebih memakan waktu dibandingkan dengan ibadah umroh yang cukup simpel. Orang orang yang melakukan ibadah haji paling cepat dikerjakaan minimal 4 hari, sedangkan ibadah umroh biasanya hanya saja membutuhhkan waqtu 2 sampai 3 jam saja dalam pelaksanaannya, karena sechara praktek, kita yang melaksanakan umroh hanya butuh 3 pekerjjaan ringan, yaitu berihramm dari miqat, berthawaf tujuh kali putaran di sekitar sekeliling Ka’bah, lalu berjalan kaki dan atau berlari kecil antara Shafa dan Marwah tujuh kali balikan, dan bercukur atau beratahalull lalu selesai.
  • Dalam pelaksanaan ibdah haji lebih memerlukan dan membutuhkan kekuatan atau fisik yang lebih prima baik jika dibandingkan dengan ibadah umroh, karena tata carra ibadah haji yang dilakukan lebih banyak jika dibandingkan ibadah umrah.
  • Hukum ibadah haji adalah wajib sedangkan hukum ibadah umroh adalah sunnah.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai perbedaan haji umroh, semoga tulisan ini bisa menambah kazanah keilmuan kita khususnya mengenai ibadah haji dan umroh.

Sumber : kuliah.info

Perbedaan Haji Dan Umroh | Beranda | Sitemap

Sentuh Nomor Hubungi Kami !
CALL : 08953 2012 7778
WA : 08953 2012 7778
Fast Response !