Tata Cara Umroh Lengkap Dengan Do'a, Klik!


Tata Cara Ibadah Umroh


Tata Cara Umroh Lengkap - Umroh adalah sebuah perjalanan suci ibadah yang telah dicontohkan melalui sunnah Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memahami dan mengetahui semua hal yang berhubungan tentang 'ibadah umroh yang telah diatur dalam tata cara manasik umrah sesuai sunnah Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam. Hal ini adalah untuk menghindari kesalahan kesalahan yang dapat menjadikan 'ibadah umroh yang kita lakukan menjadi tidak sah.

Dalam pelaksanaannya, ibadah umroh ini terdapat 2 hal penting yang perlu diketahui, yakni Rukun Umroh dan Wajib Umroh. Rukun Umroh adalah pokok kegiatan dari ibadah yang apabila kita tidak kerjakan maka umroh yang telah kita laksanakan menjadi tidak sah.

1. Rukun Umroh

Rukun Umroh ada 4, yaitu:
  1. Niat Ihram/berumroh
  2. Thowaf
  3. Sa’i
  4. Tahallul atau bercukur
2. Wajib Umroh

Sedangkan yang disebut dengan Wajib Umroh adalah ihram dari miqat atau tempat dimulainya pelaksanaan niat ihrom, serta tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang selama rangkaian ibadah umroh berlangsung.

Tata cara umroh lengkap ini dimulai dengan berihrom dari miqat-miqat yang sudah ditentukan. Miqot yaitu garis mulai seorang jama'ah yang hendak akan melangsungkan ibadah umroh atau ibadah haji, dengan lain kata adalah tempat berihram (niat melakukan umroh) dan masuknya seseorang kedalam pelaksanaan umroh yang akan dilakukan.


Miqat dari Dzul Hulaifah menuju Masjid Al-haram.
Klik untuk memperbesar.

Insyaa Allah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai tata cara umroh lengkap dengan ilustrasi gambar dan do'a do'a ketika melakukan ibadah umroh untuk lebih mempermudah kita dalam memahaminya.

Tata Cara Umroh Lengkap Dengan Do'a & Gambar


1. Selepas dari bandara para jamaah menuju masjid miqat Dzulhulaifah / Abyar 'Ali. Kemudian para jamaah melakukan persiapan persiapan sebelum ihram dimulai seperti mandi, mengenakan pakaian ihram, berwudlu dan shalat sunnat ihrom 2 raka'at dan setelah itu membaca melafalkan niat umroh :




2. Setelah mengenakan pakaian ihram dan berniat melaksankan umroh dilarang untuk :

Bagi pria dilarang untuk :
  1. Memakai pakaian biasa
  2. Memakai sepatu yang menutup mata kaki
  3. Menutup kepala yang melekat dengan kepala seperti topi atau peci
Bagi wanita dilarang untuk :
  1. Berkaos tangan
  2. Menutup muka
Bagi pria dan wanita dilarang untuk :
  1. Memakai wangi wangian kecuali sudah dipakai sebelum ihram
  2. Memotong kuku dan mencukur atau mencabut rambut dari seluru badan
  3. Memburu dan menganiaya binatang dengan cara apapun
  4. Kawin, mengawinkan atau meminang wanita untuk dinikahi
  5. Bercumbu atau bersetubuh
  6. Mencaci, bertengkar, berdebat dan mengucapkan kata kata yang tidak pantas
  7. Memotong, mencabut tumbuhan pepohonan di Tanah Haram 

3. Dalam perjalanan menuju Mekkah, perbanyaklah bacaan dzikir dengan membaca talbiyah :


4. Setelah tiba di Masjid Al-Harom, dahulukan lah kaki kanan ketika memasuki masjid dengan membaca :

5. Melakukan thawaf mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali, posisi Ka'bah berada disebelah kiri.



6. Sholat 2 roka'at di depan maqom Ibrohim. Raka'at pertama membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kaafiruun. Rakaat kedua membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas.


7. Sesudah itu beristirahat sejenak dan minum air zam-zam seraya mengucapkan do'a

8. Dilanjutkan dengan melakukan sa'i antara bukit Safa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali


9. Akhir dari tata cara rangkaian pelaksanaan ibadah umroh adalah tahallul, ini ditandai dengan bercukur. Untuk laki-laki lebih baik dicukur sampai gundul, tapi kalaupun tidak sampai gundul tak mengapa. Dan untuk perempuan dicukur alakadarnya dengan membaca doa :


10. Tata cara umroh lengkap telah selesai.

Dengan melaksanakan tata cara umroh lengkap seperti diatas, semoga para jamaah yang hendak atau sedang melaksanakan umroh mendapatkan umroh yang mabrur (diterima) dan semoga Allah memberikan segala kemudahan baik itu berupa kesehatan jasmani dan rohani untuk melaksanakan segala yang diperintahkan-Nya dengan secara lebih optimal dan maksimal. Aamiin Yaa Allah Yaa Rabbal 'Aalamiin.

Tata Cara Umroh Lengkap | Beranda


Sentuh Nomor Hubungi Kami !
CALL : 08953 2012 7778
WA : 08953 2012 7778
Fast Response !